Mengenal Cara Kerja Pembayaran Bisnis Lintas Batas dan Keuntungannya
Insight

Mengenal Cara Kerja Pembayaran Bisnis Lintas Batas dan Keuntungannya

Sistem bisnis pada zaman sekarang jauh lebih terbuka dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Kemudahaan akses informasi di seluruh dunia membuat kita semakin dekat dengan negara-negara lain. Salah satunya adalah pembayaran bisnis lintas batas.

Transaksi jual beli online pada zaman sekarang tidak dapat dihindari. Apalagi hampir semua barang-barang kebuuhan bisa didapatkan melalui sistem online. Ditambah lagi dampak pandemi beberapa tahun lalu semakin meningkatkan tren transaksi online.

Gunakan Jack untuk Transaksi Lintas Batas Anda

Keberadaan marketplace saat ini juga memungkinan bertemunya penjual dan pembeli antar negara. Hal itulah yang membuat pembayaran bisnis lintas batas tercipta. Untuk mengetahui seperti apa cara kerja pembayaran bisnis lintas batas dan keuntungannya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Pembayaran Bisnis Lintas Batas

Mengenal Cara Kerja Pembayaran Bisnis Lintas Batas dan Keuntungannya

Sebelumnya, kita harus memahami dulu apa itu pembayaran bisnis lintas batas. Jika mengutip dari Bank of England, pembayaran ini memiliki istilah transaksi cross border yang merupakan transaksi keuangan ketika pembayar dan penerima berada di negara berbeda. Tidak hanya dalam transaksi keuangan saja, pengiriman lintas batas juga jadi kegiatan turunan dari transaksi tersebut.

Penjual dan pembeli yang berbeda negara tentunya akan mengirim pesanan pelanggan lintas negara. Ekspedisi yang digunakan tentunya merupakan ekspedisi dengan layanan pengiriman internasional. Baik itu lewat jalur udara maupun jalur laut.

Pembayaran bisnis lintas batas ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti transfer bank, kartu kredit, dan dompek elektronik. Anda tentunya sudah tak asing dengan aplikasi PayPal, kan? Ini juga adalah salah satu metode pembayaran cross border.

Jenis Transaksi Lintas negara

Untuk pembayaran bisnis lintas batas ini juga memiliki jenisnya seperti di bawah ini:

  • Transaksi grosir: Biasanya transaksi ini terjadi antar lembaga, perusahaan, maupun antar pelaku usaha lainnya. Untuk transaksi grosir ini dapat melibatkan pinjaman, valuta asing, perdagangan ekuitas, derivatif, dan juga sekuritas.
  • Transaksi ritel: Umumnya terjadi antara individu dan bisnis. Contohnya seperti transaksi B2B, C2B, dan C2C

Cara Kerja Pembayaran Bisnis Lintas Batas dan Keuntungan

Cara Kerja Pembayaran Bisnis

Nilai mata uang setiap negara memiliki perbedaan. Sistem pembayaran domestik tentunya tidak bisa terhubung dengan sistem negara lain. Oleh karena itu, saat melakukan transaksi antar negara mata uang tidak ditransfer secara fisik.

Bank internasional menyediakan rekening untuk mitra asing bersama dengan rekening mitra lainnya. Hal ini memungkinkan bank melakukan pembayaran dalam mata uang asing. Para mitra juga bisa berupa lembaga keuangan atau bank milik negara. Rekening internasional ini akan dikreditkan pada satu entitas dan didebit dengan jumlah yang sama pada entitas lain.

Sebagai contoh, Bank negara A mengirim pesan ke Bank negara B yang meminta mereka untuk melakukan pembayaran kepada pelanggan. Bank B kemudian akan mengkredit rekening nasabah penerima pembayaran dengan uang yang dimiliki Bank A di Bank B.

Namun, tidak semua bank di dunia saling terhubung secara langsung. Untuk kasus ini, dibutuhkan perantara yang disebut bank koresponden. Bank koresponden ini akan menyediakan rekening yang dapat menghubungkan Bank A dan Bank B.

Keberadaan QR Cross Border Sebagai Solusi Pembayaran Bisnis Lintas Batas

Cara Kerja Pembayaran Bisnis

Beberapa bulan yang lalu, Bank Indonesis telah melakukan uji coba QR cross border dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Hal tersebut memungkinkan kedua negara melakukan dan menerima pembayaran barang dan jasa hanya melalu kode QR.

Hadirnya fitur tersebut tentunya memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mendukung digitalisasi perdagangan, investasi, dan menjaga stabilitas ekonomi. Metode transaksi ini juga dapat meningkatkan keberhasilan UMKM.

Sebab, konsumen mancanegara jadi lebih mudah untuk membeli produk lokal tersebut. Begitu juga dalam sektor pariwisata. Para wisatawan mancanegara jadi bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan juga praktis.

Dampak adanya Pembayaran Bisnis Lintas Batas

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu faktor penyebab meningkatnya transaksi lintas batas adalah hadirnya marketplace. Di Indonesia, Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar yang memungkinkan terjadinya transaksi antar negara. Sebab, Anda sangat mungkin membeli dan menerima pesanan dari luar negeri.

Dalam hal ini, transaksi keuangan dan pengiriman barang melalui perantara Shopee. Selain di Indonesia, Shopee juga memiliki jangkauan pasar yang cukup luas di Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, Korea, Taiwan, dan Amerika.

Cross border Shopee ini bisa dilakukan karena keberadaan marketplace . Jaringannya memiliki server yang terhubung antar negara. Hal tersebut memungkinkan penjual dan pembeli antar negara dapat bertransaksi dengan mudah.

Keuntungan yang Didapatkan Pelaku UMKM dengan Adanya Pembayaran Bisnis Lintas Batas

Nah, kali ini kita akan masuk ke dalam sudut pandang para pelaku usaha kecil dan mengengah atau UMKM. Seperti yang kita ketahui bahwa pelaku usaha UMKM hanya berjualan di dalam negeri saja. Namun dengan adanya pembayaran bisnis lintas batas, UMKM akan mendapatkan keuntungan.

Beberapa keuntungan tersebut pelaku UMKM dengan adanya pembayaran bisnis lintas batas adalah sebagai berikut.

1. Pemasaran Produk Dapat Dipasarkan Ke Berbagai Negara

Seperti yang diketahui bahwa adanya pembayaran bisnis lintas batas memungkinkan pengusaha memasarkan produknya lebih luas. Dengan kata lain, mereka bisa menjual barang hingga ke berbagai negara dengan lebih mudah. Alhasil, hal itu dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.

2. Dapat meningkatkan Daya Saing

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, saat pelaku UMKM memasarkan produknya ke luar negeri, maka hal itu dapat meningkatkan daya saing. Hal tersebut berdampak dengan peningkatkan kualitas produknya.

3. Meningkatkan Standar Mutu dalam Negeri

Dengan bersaingnya produk lokal di pasar internasional, otomatis para pelaku usaha akan berusaha meningkatkan mutu produknya seperti pada poin sebelumnya.

4. Biaya Operasional Lebih Murah

Adanya pembayaran bisnis lintas batas membuat biaya operasional menjadi lebih murah. Sebagai contoh, ongkos kirim ke luar negeri yang ditawarkan pihak Shopee lebih terjangkau ketimbang pengiriman manual. Bahkan, sering mendapat promo gratis ongkos kirim.

Gunakan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

itsjack.com

Demikian mengenal cara kerja pembayaran bisnis lintas batas dan keuntungannya. Semoga informasi ini memberikan manfaat.

Piutang Kartu Kredit yang Harus Diperhatikan

Previous article

Hindari Boncos, Bagaimana Strategi Menyusun Anggaran?

Next article

You may also like