Bisnis

Apa Itu dan Daftar Startup Incubator di Indonesia

Startup incubator memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kegiatan perkembangan industri teknologi yang sangat ini sudah tersedia di Indonesia.
Banyak sekali di antara perusahaan besar serta terkenal yang sudah berawal dari adanya perusahaan rintisan ataupun start up yang telah menggunakan incubator.
Hal ini dikarenakan untuk pendiri startup harus mengikuti program inkubasi supaya bisa menjadi dambaan tak terkecuali dengan yang tersedia di Indonesia sudah terdapat beberapa startup yang menggunakan incubator dan siap untuk mengembangkan perusahaan rintisan supaya lebih mapan. incubator sekarang ini sudah populer sejak tahun 2010-an karena memiliki banyak manfaat terhadap perusahaan startup yang memang memiliki pola pikir berkembang.

Apa Itu Startup Incubator

Apa Itu dan Daftar Startup Incubator di IndonesiaIncubator merupakan organisasi yang mampu membimbing perusahaan baru saja dirintis dengan beberapa tahapan pertumbuhan sampai perusahaan tersebut memiliki sumber daya secara fisik, manusia serta finansial yang lebih memadai.

Fungsi dengan adanya incubator ini nantinya mampu menginkubasi ide baru serta membantu para wirausaha baru dalam menerjemahkan ide untuk dijadikan sebagai bisnis yang lebih menjanjikan.

Gagasan dari pendirian incubator tersebut mampu menciptakan lingkungan yang lebih ideal untuk perusahaan rintisan karena mampu mengembangkan produk dasar dan membangun fondasi terhadap modal bisnisnya.

Layaknya incubator yang terdapat di mancanegara tentunya startup incubator di Indonesia ini juga telah menyediakan ruang kantor, pelatihan, investasi awal, mentor, hingga layanan profesional.

Baca Juga: Kartu Kredit Korporat: Defenisi, Jenis, Keuntungan, dan Cara Kerja Kartu untuk Startup

Daftar Startup Incubator di Indonesia

Asta Office View

1. Kolaborasi

incubator yang satu ini memang lebih terkenal dengan namanya moto HYPER yaitu High Conviction, youthful spirit, persuasive leadership, entrepreneurial hingga rasional.
Kehadiran untuk startup yang ingin mengikuti program inkubasi pada Kolaborasi tentunya harus memiliki motto tersebut.

2. Skystar Ventures

Startup Incubator skystar ventures

Kehadiran dari adanya grup Kompas Gramedia telah melakukan kerjasama bersama Universitas Multimedia Nusantara.
Dari hasil kerjasama yang dilakukannya tersebut mampu menghasilkan adanya salah satu startup incubator yang tersedia di Indonesia dan telah bermarkas di Tangerang.
Fokus pada inkubasi untuk startup ini yaitu produk hingga layanan yang telah berhubungan bersama media digital. Sehingga nantinya akan lebih menguntungkan dari hasil produk yang telah dikeluarkan oleh startup rintisan ini.

3. Indigo Incubator

Startup Incubator indigo

Indigo ini merupakan satu angkatan dengan kehadiran dari Kolaborasi ketika sudah menjalankan incubatornya pada dunia inkubasi startup.
Pada jenis incubator yang satu ini dilakukan pengelolaan secara langsung oleh Telkom Indonesia yang telah menyediakan adanya fasilitas inkubasi di Yogyakarta dan Bandung.
Selain memang mendapatkan mentor tentunya perusahaan rintisan ini juga telah terpilih mampu mendapatkan pendanaan lebih awal.
Sehingga akan lebih menguntungkan dalam menjalankan incubatornya sendiri di dunia startup.

4. IDX Incubator

Startup Incubator idx

Bursa efek Indonesia telah mendirikan adanya IDX Incubator sejak tahun 2017 yang membuat perusahaan rintisan bergerak pada bidang teknologi digital.
Terdapat akses secara khusus yang dihadirkan dari incubator ini dalam bentuk kesempatan tertentu bersama investor hingga korporasi yang telah melandai pada bursa saham.

5. Kibar

Kibar merupakan mitra yang berasal dari Google for entrepreneurs yang telah berjalan di Indonesia dan secara rutin mengadakan adanya program inkubasi bersama berbagai lembaga.
Di tahun 2016 misalnya untuk incubator ini bersama kementerian komunikasi dan informatika telah membentuk adanya Gerakan Nasional 1000 startup digital sebagai incubator yang memiliki tujuan dalam mencetak 1000 perusahaan rintisan yang sangat mumpuni di bidangnya.
Incubator ini juga telah tercatat pernah melakukan kolaborasi bersama Universitas Gadjah Mada, London School of Public Relations, serta pemerintah kota Surabaya untuk melakukan pengelolaan terhadap incubator untuk membuat startup.
Sehingga tidak heran jika perusahaan rintisan pada incubatornya sendiri mampu menghasilkan kinerja optimal dari setiap program yang ditawarkannya.

6. Merah Putih Incubator

Kehadiran dari startup incubator yang ada di Indonesia ini merupakan besutan PT Merah Cipta Media sebagai perusahaan solusi digital yang memiliki rekam jejak cukup panjang di dunia perusahaan rintisan ataupun startup ini.
Pilihan untuk startup yang sudah menggunakan incubator di Indonesia memiliki akses pada jaringan investor yang pastinya lebih mudah untuk ditarik guna melakukan penanaman modal ke peserta inkubasi lainnya.

7. Incubator Teknologi LIPI

Lembaga ilmu pengetahuan Indonesia juga menghadirkan adanya program inkubasi yang digunakan untuk pengembangan wirausaha dengan basisnya teknologi serta inovasi.
Terdapat berbagai pilihan fasilitas yang telah disediakan oleh LIPI termasuk guna membantu dalam membuat lisensi temuan yang telah dihasilkan oleh startup.

8. Mandiri Digital Bisnis Inkubator

Kehadiran dari Bank Mandiri juga ikut serta dalam meramaikan dunia teknologi digital yang telah menghadirkan adanya di irian incubator yang satu ini.
Fokus dari Bank Mandiri merupakan perusahaan teknologi finansial yang memiliki potensi untuk menghasilkan produk digital level dunia.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Pentingnya Incubator

Apa Itu dan Daftar Startup Incubator di Indonesia

1. Menjalin Jaringan

Adanya incubator ini baik itu untuk jangka pendek ataupun jangka panjang tentunya jaringan bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu kemajuan usaha.
Apabila perusahaan telah mengikuti program incubator tentunya dapat membangun relasi bersama pelaku usaha lainnya untuk menjalin tukar informasi yang lebih mudah.
Dalam hal ini tentunya semua orang bisa memiliki peluang dalam menarik investasi yang berasal dari investor baik itu di dalam negeri ataupun luar negeri.
Sehingga nantinya akan lebih menguntungkan untuk menjalin hubungan kerjasama dari bisnis yang akan dijalankan.

2. Penghematan Pengeluaran

Dengan kehadiran startup incubator telah menyediakan adanya berbagai kebutuhan untuk memenuhi pendiri perusahaan rintisan yang tidak harus dibeli ataupun dibayar lagi.
Jika memang terdapat biaya tentunya untuk nilai nominalnya terbilang lebih rendah dan bahkan mendapatkan diskon.
Ruang kantor yang dibutuhkan untuk harga sewanya bisa mencapai puluhan juta seperti halnya dapat diakses melalui incubator.
Selain itu juga ketersediaan perangkat kerja dengan dukungan teknologi terbaru yang memiliki nilai tinggi.

3. Akses Sumber Daya Profesional

Wajar saja apabila pendiri startup memang belum memahami terkait profesionalisme di dunia usaha dengan benar.
Adanya incubator ini mampu memberikan sumber daya profesional yang nantinya akan memiliki nilai guna tersendiri jika pendiri mampu berambisi untuk menjadikannya sebagai perusahaan dengan kelas korporasi multinasional.

Gunakan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

itsjack.com

Data real untuk transaksi akan bisa diketahui pada saat tagihan datang dan data ini akan diperlukan untuk melakukan pencatatan akuntansi.

Pertumbuhan vs Skalabilitas dalam Bisnis: Kenali Perbedaannya dan Pentingnya dalam Kemajuan Bisnis

Previous article

Seperti ini Cara Mengelola Transaksi Kas Kecil Untuk Bisnis

Next article

You may also like